Rabu, 11 Februari 2015

Filled Under:

Tim Tuan Semar Generasi Ke 2 dalam Kompetisi Kincir Angin Indonesia 2014

AgilGo - Kompetisi Kincir Angin Indonesia (KKAI) adalah suatu event tahunan yang diadakan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dikti) bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan perguruan-perguruan tinggi di Indonesia. Event ini diadakan untuk mengasah krativitas mahasiswa dalam memanfaatkan energi angin sebagai salah satu energi alternatif yang dapat dikembangkan. 

Pada tahun 2014 lalu, KKAI diadakah pada tanggal 15-19 September dan bertempat di Pantai Baru Bantul Yogyakarta. Tim Tuan Semar Generasi 2 mendapat kesempatan mengikuti ajang bergengsi ini mewakili UNS setelah lolos seleksi tahap pertama yaitu seleksi proposal. Tim ini, terdiri dari saya dan keempat teman yang berasal dari teknik mesin UNS juga. Namun, kami dibantu oleh teman-teman dari Tim Renewable Energy UNS dan oleh 2 kakak tingkat dari D3 Teknik Mesin Produksi.

Pada keikutsertaan kali ini kami mengambil desain Low Speed Wind Turbine dengan menggunakan Generator Mandiri. Generator mandiri di sini adalah generator yang kami buat sendiri dengan merakit berbagai komponen-komponen seperti permanen magnet dan lilitan tembaga. Kami merakit generator sendiri karena kami tidak ingin ketergantungan terhadap produk-produk generator luar dan kami ingin menerapkan ilmu yang kami dapat di teknik mesin ini. Dan ternyata pada keikutsertaan kali ini yang diikuti oleh  perguruan tinggi seluruh Indonesia, generator yang dibuat secara mandiri hanya ada 2, yaitu tim UNS dan dari salah satu perguruan tinggi di Yogya.

Berikut ini ada beberapa dokuemtasi kami saat persiapan membuat kincir angin:

 
Proses Pembuatan Blade

Proses Pembuatan  Blade
 
Proses Pembuatan Blade

Pembuatan Dudukan
 
Pemrakitan Blade

Pembuatan Generator

Dalam ajang kali ini, kami hanya mampu memasuki babak 10 besar finalis, dari puluhan perguruan-perguruan tinggi ternama di Indonesia. Meskipun hasilnya kurang bergitu memuaskan, namun kami memiliki pengalaman yang sangat luar biasa. Kami mampu mandiri dalam hal generator dibanding peserta yang lain. 

Selama persiapan hingga akhir KKAI 2014, saya memperoleh banyak sekali pembelajaran, dari hal Teamwork, manajamen waktu, manajemen biaya, dan banyak masih banyak yang lainnya. Harapan saya, ajang ini akan selalu ada agar kita selalu berinovasi dalam sumber energi terbaharuakan terutama energi angin ini.









0 komentar:

Posting Komentar