Kamis, 19 Februari 2015

Filled Under:

6 Tips Sukses Persiapan Ujian Nasional

AgilGo - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan tanggal penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) 2015. Seperti tahun-tahun sebelumnya, UN untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tidak dilakukan serentak.

Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan mengatakan, UN akan dilaksanakan sekitar pertengahan bulan April hingga Mei 2015. UN untuk jejang SMA akan dilakukan lebih dulu, menyusul kemudian UN untuk SMP.

"UN SMA akan dilaksanakan pada 13-15 April 2015. Sedangkan UN SMP akan dilaksanakan pada 4-6 Mei 2015," kata Anies di Jakarta, Jumat (23/1/2015).(sumber).
Nah, sebagai anak yang pernah merasakan UN 3 kali. Agigo akan sedikit memberi tips-tips agar kamu sukses dalam ujian nasional kali ini.
Berikut tips-tips persiapan menjelang UN:
1. Belajar Pol-polan. 
sumber gambar
Disisa waktu menghadapi UN ini, kamu harus maksimalkan waktu kalian buat belajar. Jadi, menurut pengalaman saya, waktu kelas X sampai kelas XII semester 1 saya belajar hanya kalau ada ujian dan itupun hanya membaca LKS saja. Tapi semenjak menghadapi UN, entah mengapa semangat belajar saya 3 kali lipat! Hal ini dilihat sama buku-buku yang saya baca, jadi misal pelajar Biologi, saya tidak hanya membaca 1 buku, tetapi bisa membaca 3 buku yang saya pinjam dari perpustakaan sekolah.

2. Pandai Mengatur Waktu Belajar
 
Sumber Gambar
Mengatur waktu tidak kalah pentingnya dengan belajar. Kenapa? Saat kamu sudah duduk di kelas IX atau kelas XII, pasti kamu akan dihadapkan dengan les dan tryout-tryout persiapan UN dan itu akan menguras waktu dan tenaga. Waktu saya dulu , tryout diadakan setelah pelajaran normal, jadi kalau pulang saya biasa sampai rumah sebelum maghrib karena saya menggunkan bus untuk ke sekolah. 
Sedikit tips cara mengatur waku belajar:
 - Setelah pulang sekolah langsung tidur kalau tidak les tambahan pelajaran. Kalau les, setelah sholat isya saya biasa langsung tidur. Intinya, kalau badan capek, ngga usah dipaksa, mending langsung tidur. 
 - Belajar jam 3 pagi. Tips ini sangat ampuh, kenapa? Menurut pengalaman saya, belajar pada jam tersebut,pelajar yang saya pelajari lebih mudah 'dicerna' otak daripada siang atau malam. Pasang alarm yang banyak, pesan ke bapak-ibumu buat mbangunin kamu. Cara extreme saya dulu, dimeja sebelah kasur saya taruh gelas berisi air, biar kalau alarm bunyi saya langsung cuci muka pakai air tersebut. 
3. Simpan Gadget dan game-game
sumber gambar
Ini tidak kalah penting dari 2 tips di atas. Pastikan saat kamu belajar, simpan semua gadget dan game playermu. Kenapa? Karena, apabila alat-alat tersebut ada di sebelah kamu, pasti kamu bakal tidak tahan untuk menggunakannya. Pengalaman saya dulu, karena saya kecanduan bermain PES, stick PS dan laptop saya taruh di lemari ibu selama semester 2 kelas XII sampai UN selesai.

4. Belajar Sesuai Tipe Belajar Kamu
Sumber Gambar
 Tipe belajar setiap siswa pasti berbeda. Ada yang lebih suka belajar kelompok, ada yang suka belajar sendiri. kalau saya adalah tipe pelajar yang suka belajar sendiri dengan bermodalkan banyak buku. Jadi, pilih tipe belajar yang kamu suka, yang kamu nyaman agar dalam menyerap pelajaran lebih optimal.

5. Jaga Kesehatan dan Keselamatan
sumber gambar
Apalah arti ketiga tips diatas kalau badan kita tidak sehat. Jagalah kesehatanmu dengan pola hidup yang sehat pula. Tips menjaga kesehatan berdasarkan pengalaman saya dulu:
 - Lakukan olahraga, ya walaupun cuma lari dan seminggu satu kali.
 - Menjaga kebersihan makanan, jadi kalau jajan di kantin, usahankan menggunkan hand sanitizeer terlebih dahulu
 - Jangan terlalu diporsir waktu belajar. Kalau merasa leleh, ngantuk, jangan dipaksa. Lebih baik langsung tidur.
 - Jangan ngebut kalau kamu ke sekolah membawa motor. Lebih baik kamu menggunkan bus umum saja.

6. Menjaga Ibadah & Doa
Sumber Gambar
Menjaga Ibadah harus dilakukan setiap waktu, tidak hanya saat-saat menjelang UN kita rajin beribadah. Dengan ibadah dan berdoa, kita menyerahkan semua usaha telah kita lakukan kepada Alloh swt. Karena saya yakin, kekuatan Doa adalah yang paling utama.

demikian tips persiapan menjelang UN berdasarkan pengalaman yang telah saya lakukan. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.







0 komentar:

Posting Komentar