Rabu, 04 Februari 2015

Filled Under:

Kuliah di Teknik Mesin itu...

AgilGo - Apa yang pertama kali kalian bayangkan jika mendengar jurusan TEKNIK MESIN?? Oli, tang, obeng, atau bengkel?? Mmm, pasti ada diantara ada yang berpikiran seperti itu.. Saya dulu saat SMA juga berpikiran kalau  teknik mesin ya berhubungan dengan Oli, obeng..Tapi setelah saya masuk dijurusan ini, ternyata semua salah!!!!


Teknik Mesin sebenarnya adalah penamaan yang keliru di Indonesia, karena  yang lebih tepatnya adalah Mechanical Engineering atau teknik mekanik. Disini, kamu tidak hanya belajar tentang mesin saja, tetapi kamu belajar tentang ilmu merekayasa suatu energy atau sumber daya agar dapat lebih bermanfaat. Intinya, kita disini membuat segala sesuatu alat untuk mempermudah kehidupan manusia.. So, semakin teknik mesin canggih, semakin malas pula manusia penggunanya, hahahaha..

Lalu, apa saja yang kalian pelajari jika masuk teknik mesin??? Jawabannya adalah uakehhh banget, tapi pelajaran yang paling  greget menurut saya adalah statika struktur, termodinamika, mekanika fluida, dan perpindahan kalor. Pokoknya tu pelajaran bikin mules dan keringet dingin kalo mau ujian…  Secara garis besar, teknik mesin dibagi menjadi beberapa konsentrasi, diantaranya adalah:
  1. Perancangan mekanik dan konstruksi
  2. Proses manufaktur dan proses produki
  3. Konversi energi
  4. Ilmu bahan dan material 

untuk semester-semester awal, kalian akan mempelajari keseluruhan materi seperti energy atau material, namun setelah semester 6, kalian akan lebih fokus mengambil salah satu konsentrasi tersebut.

          Untuk karir, jangan bilang sarjana teknik mesin hanya bisa kerja di bengkel. Pada kenyatannya, sarjana teknik mesin banyak bekerja sebagai planner atau perancang suatu produksi. Bidang-bidang yang bias kalian masuki setelah lulus teknik mesin diantaranya adalah migas, pertambangan, industri otomotif, dan masih banyak lainnya..

So, lets join us!! Solidarity M Forever!!! Teknik Mesin Jaya!!!!
 
 





0 komentar:

Posting Komentar